Skip to main content
panduan-dasar-xampp

Panduan Dasar XAMPP untuk Pemula

Sebelum memulai belajar pemrograman khususnya untuk pemrograman berbasis web, seperti untuk pembuatan website maupun pengembangan game yang berbasis web, kalian akan membutuhkan beberapa komponen utama seperti Apache, PHP, dan MySQL yang wajib terinstall di PC kalian. Komponen utama itu disebut web server.

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah salah satu web server yang paling umum untuk digunakan. Menurut Wikipedia, pengertian XAMPP adalah sebagai berikut:

XAMPP adalah perangkat lunak gratis dan open source yang mendukung banyak sistem operasi dan merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL Database, dan compiler yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.Wikipedia

Jadi, Apache akan bertindak sebagai server lokal (dalam hal ini adalah pada PC kalian), PHP adalah bahasa pemrograman yang bersifat server-side, dan MySQL akan berfungsi sebagai database atau tempat penyimpanan datanya. Dengan menginstall XAMPP maka semua komponen utama tersebut sudah terinstall di PC kalian.

Cara Install XAMPP

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi XAMPP, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall XAMPP pada PC kalian.

Download XAMPP

Untuk mendownload XAMPP versi terbaru, kalian bisa mengunjungi situs mereka di apachefriends.org/download.html atau kalian bisa klik di sini.

Karena saya menggunakan Windows, saya hanya akan menjelaskan bagaimana cara install XAMPP pada PC dengan sistem operasi Windows, dan saya memilih versi 5.6. Untuk perbedaan di antara versi lainnya, kalian bisa membacanya sendiri pada situs tersebut.

Baca juga:  Cara Install WordPress di localhost

Menjalankan File hasil Download

Menginstall XAMPP hampir sama seperti menginstall aplikasi desktop pada umumnya. Kalian hanya perlu klik tombol next saja.

Pada halaman Select Component, biarkan semua komponen terpilih. Lalu, klik next.

panduan-dasar-xampp
Gambar 1.

Pada halaman selanjutnya, biarkan direktori folder terinsall secara default di C:\xampp. Kemudian klik next saja, hingga sampai ke proses installing. Setelah selesai, klik finish.

Cara Menjalankan XAMPP

Setelah berhasil menginstall XAMPP pada tahap sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menjalankan XAMPP agar bisa digunakan sebagai web server.

Untuk menjalankan program sederhana, kalian hanya perlu mengaktifkan modul Apache dan MySQL. Klik tombol start untuk menjalankan modul tersebut.

panduan-dasar-xampp
Gambar 2.

Apabila sudah berwarna hijau, itu artinya modul tersebut sudah berhasil dijalankan.

Penjelasan Folder Utama XAMPP

Setiap web server pasti memiliki folder utama atau biasa disebut document root. Folder atau direktori ini berfungsi untuk menyimpan semua aplikasi-aplikasi yang akan kalian buat nantinya.

Pada web server lokal seperti XAMPP, yang berfungsi sebagai document root adalah folder htdocs. Secara default folder htdocs berada di C:\xampp\htdocs.

Untuk mengakses folder tersebut melalui browser, kalian cukup membuka alamat http://localhost/.

Apabila kalian melihat pesan “Welcome to XAMPP …”, itu juga berarti XAMPP Anda sudah berhasil terinstall sepenuhnya tanpa ada permasalahan.

panduan-dasar-xampp-4
Gambar 3.

Menghapus File dan Folder yang tidak diperlukan

Agar nantinya kalian dapat bekerja dengan mudah, sebaiknya kalian menghapus tampilan utama dari XAMPP seperti yang Anda lihat saat mengakses http://localhost/. Caranya adalah dengan menghapus seluruh file dan folder pada C:\xampp\htdocs kecuali folder xampp yang ada di dalam folder htdocs tersebut.

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Floating Widget Sidebar pada WordPress

Mencoba Membuat Program Sederhana

Buka text editor (seperti Notepad bawaan Windows, ataupun Notepad++, dan lainnya), berilah nama file tersebut dengan nama index.html. Kemudian, ketikan program html di bawah ini pada file tersebut.

Setelah selesai, save terlebih dahulu file tersebut. Lalu akses http://localhost/ melalui browser kalian. Apabila berhasil, kalian akan melihat hasil dari program sederhana yang sudah kalian ketikan tadi.

panduan-dasar-xampp
Gambar 4.

Nantinya, kalian bisa menyimpan file-file project kalian di dalam folder utama XAMPP pada C:\xampp\htdocs ataupun di dalam sub-folder tersebut. Apabila kalian menyimpan file tersebut dalam suatu folder tersendiri, kalian bisa mengaksesnya di C:\xampp\htdocs\namafolder\

Cara Membuat Database

Sekarang, saya akan menjelaskan secara singkat bagaimana cara membuat database MySQL.

Sebelumnya, kalian sudah mengaktifkan modul MySQL pada tahap Cara Menjalankan XAMPP. Untuk membuat database, silakan kalian buka http://localhost/phpmyadmin/.

Kemudian, klik tab Database. Silakan kalian isikan nama database sesuai dengan keinginan kalian, misalkan db_percobaan1. Lalu, klik Create.

panduan-dasar-xampp
Gambar 5.

Kalian pun sudah berhasil membuat sebuah database.

 

Jadi, itulah beberapa Panduan Dasar XAMPP untuk pemula. Mulai dari penjelasan fungsi dan pengertian XAMPP, cara menginstall XAMPP, cara mengaktifkan modul pada XAMPP, membuat program sederhana dengan HTML hingga cara membuat database. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply