Skip to main content
cara-upload-file-dengan-ftp-di-filezilla

Cara Upload File dengan FTP di FileZilla

Apabila kalian ingin belajar membuat sebuah website, kalian harus paham bagaimana cara upload file dengan FTP. Dengan menggunakan FTP, kalian bisa mengupload file ataupun aplikasi berbasis web yang telah kalian buat ke domain yang telah kalian miliki. Setelah berhasil terupload, domain kalian pun dapat menampilkan aplikasi berbasis web yang telah kalian buat. Jadi, setelah kalian membuat sebuah program, aplikasi, ataupun game berbasis web di PC kalian (localhost), kalian dapat menguploadnya dengan FTP.

Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana Cara Upload File dengan FTP di FileZilla. Tutorial ini dibuat untuk melengkapi beberapa artikel sebelumnya yang membahas tentang WordPress Self Hosted ataupun Microsoft Azure.

Sebelum mengikuti tutorial ini, kalian harus menginstall software FileZilla yang dapat kalian download di sini.

Pendahuluan

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. FTP digunakan untuk mengupload ataupun men-download file ataupun aplikasi berbasis web yang telah kalian buat. FTP biasa digunakan untuk mengupload script .html, .php, ataupun ekstensi lainnya agar file atau aplikasi web yang sudah dibuat dapat online pada satu hosting dan domain tertentu. Salah satu software yang banyak digunakan untuk mengupload file melalui FTP adalah FileZilla.

FileZilla atau juga dikenal dengan sebutan FileZilla Client, adalah salah satu software FTP gratis, open source, cross-platform. Software ini dapat digunakan untuk Windows, Linux, dan Mac OS X. FileZilla mendukung FTP, SFTP, dan FTPS (FTP di SSL/TLS).Wikipedia

Cara Upload File dengan FTP di FileZilla

Dalam tutorial ini, saya akan memberikan 2 contoh penggunaan. Pertama, contoh penggunaan menggunakan cPanel. Kedua, contoh penggunaan menggunakan Microsoft Azure Web App.

Baca juga:

Sebelum ke pembahasan utama, berikut adalah tampilan utama dari FileZilla.

Baca juga:  Cara Deploy Azure Web App menggunakan Local Git
cara-upload-file-dengan-ftp-di-filezilla
Gambar 1.

Untuk pengguna cPanel

Saya asumsikan kalian sudah memiliki sebuah domain dan hosting aktif menggunakan cPanel yang dapat digunakan.

Pertama, buka browser kalian dan masuk ke akun cPanel yang kalian miliki.

Ketikkan ftp pada kotak pencarian, kemudian klik FTP Accounts.

cara-upload-file-dengan-ftp-di-filezilla
Gambar 2.

Pada bagian Special FTP Accounts, kalian akan melihat sebuah table dengan salah satu isinya berisi username cPanel kalian. Klik Configure FTP Client.

Pada bagian Manual Setting, kalian akan melihat FTP Username, FTP server dan juga FTP & explicit FTPS port. Buka FileZilla dan isikan beberapa konfigurasi seperti di bawah ini.

  • Isikan host dengan FTP Server,
  • Isikan username dengan FTP Username,
  • Isikan password dengan password cPanel kalian,
  • Terakhir, isikan port dengan FTP Port.

Berikut ini adalah contohnya:

cara-upload-file-dengan-ftp-di-filezilla
Gambar 3.

Jika sudah terisi semua, klik Quick Connect. Jika terdapat pop-up, klik OK.

Koneksi berhasil jika kalian mendapat status Directory listing of “/” successfull, seperti gambar di bawah ini.

cara-upload-file-dengan-ftp-di-filezilla
Gambar 4.

Terdapat satu cara lagi jika kalian menghubungkan menggunakan Manual Setting. Cara keduanya adalah, klik File > Site Manager. Lalu, klik New Site. Isilah bagian host dan port sesuai dengan cara sebelumnya. Ganti Logon Type dengan Normal. Kemudian isi username dan password sesuai dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

cara-upload-file-dengan-ftp-di-filezilla
Gambar 5.

Jika, sudah, kalian bisa klik OK. Untuk mengaksesnya kembali, klik File > Site Manager atau Ctrl + S. Kemudian pilih website yang kalian ingin akses, lalu klik Connect.

Baca juga:  Cara Membuat Smooth Scroll pada Website dengan jQuery

 

Untuk mengupload file-file dari PC ke dalam situs kalian, caranya cukup mudah. Kalian hanya perlu drag n drop file yang berada di bagian Local site ke dalam Remote Site. Kalian juga bisa klik kanan pada salah satu file, kemudian klik Upload.

Untuk pengguna Microsoft Azure Web App

Buka https://portal.azure.com/, lalu klik pada salah satu Web App yang ada di dashboard ataupun All Resources. Pada bagian sebelah kiri, carilah Properties, kemudian klik.

Buka FileZilla kalian, dan isikan beberapa konfigurasi seperti di bawah ini.

cara-upload-file-dengan-ftp-di-filezilla
Gambar 6.
  • Isi username pada FileZilla dengan FTP/Deployment User
  • Isi host pada FileZilla dengan FTP Host Name
  • Isi password FileZilla dengan password yang kalian buat saat reset Deployment Credentials

Tidak ada perbedaan berarti untuk cara melakukan koneksi. Kalian hanya perlu memperhatikan 3 point di atas agar koneksi dapat berhasil. Selanjutnya, kalian dapat mengikuti panduan untuk pengguna cPanel di atas.

 

Jadi, itulah beberapa hal yang dapat saya jelaskan mengenai Cara Upload File dengan FTP di FileZilla. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply