Skip to main content
cara-mengganti-tema-pada-wordpress-com

Cara Mengganti Tema pada WordPress.com

Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana Cara Mengganti Tema pada WordPress.com. Artikel ini ditunjukkan untuk teman-teman blogger pengguna WordPress.com yang masih pemula ataupun baru mengenal WordPress. Artikel ini dibuat untuk melanjutkan beberapa artikel yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Cara Mengganti Tema pada WordPress.com

Untuk tutorial kali ini, saya masih menggunakan WordPress.com yang sudah dibuat pada artikel sebelumnya, yaitu tutorialpemrogramanid.wordpress.com.

Hal yang pertama harus dilakukan adalah, buka halaman Dashboard WordPress.com kalian atau dengan mengakses namadomainkalian.wordpress.com/wp-admin/.

Kemudian, pada menu di sidebar sebelah kiri halaman Dashboard, pilih Appearance > Themes. Pada halaman tersebut, kalian dapat memilih tema-tema sudah yang disediakan, berikut beberapa hal yang harus kalian pahami dalam memilih tema:

 

cara-mengganti-tema-pada-wordpress-com
Gambar 1.

Category

  • Trending: Ini adalah kategori tema yang sedang menjadi trending.
  • Popular: Ini adalah kategori tema yang sangat populer dan merupakan yang paling banyak digunakan oleh para pengguna WordPress.com.
  • Newest: Ini adalah kategori yang menampilkan tema-tema terbaru.

Filter

  • All: Menampilkan semua tema yang disediakan oleh WordPress.com, baik itu berbayar ataupun gratis.
  • Free: Menampilkan semua tema gratis yang disediakan oleh WordPress.com.
  • Premium: Menampilkan semua tema berbayar yang disediakan oleh WordPress.com.

Atau, kalian sudah mengetahui tema yang akan kalian gunakan? Baik itu bertanya langsung kepada pemilik blog tertentu atau menanyakannya langsung kepada teman kalian? Gunakan kotak Search untuk mempersingkat waktu dalam mencari tema yang kalian inginkan.

Baca juga:  Cara Mengatasi Broken Link pada WordPress

Mencari Tema yang Cocok

Dalam tutorial kali ini, saya akan mengganti tema yang sedang saya gunakan sekarang dengan tema Twenty Sixteen. Ini adalah salah satu tema yang dikeluarkan oleh tim WordPress pada tahun 2016. (Setiap tahunnya, tim WordPress selalu mengeluarkan tema versi terbaru)

Jika kalian telah memilih suatu tema, kalian bisa melihat detailnya terlebih dahulu. Caranya cukup klik pada tema yang kalian inginkan.

cara-mengganti-tema-pada-wordpress-com
Gambar 2.

Untuk melihat demo tema yang sudah disediakan, klik Demo. Kalian akan langsung diarahkan ke situs tertentu yang menampilkan demo dari tema tersebut.

cara-mengganti-tema-pada-wordpress-com
Gambar 3.

Tertarik? Sekarang waktunya mencoba memberikan beberapa tampilan tambahan pada sidebar, merubah warna text, background, dan lain-lain, mengganti font, dan lain sebagainya, klik Live Preview.

Sudah sesuai dengan yang kalian inginkan? Klik Save & Publish. Tampilan situs kalian pun langsung terganti dengan tema yang sudah kalian pilih.

Atau kalian ingin langsung mengaktifkannya? Langsung saja klik Active.

Mengedit Tema

Sekarang, kalian telah berhasil mengganti tema. Sekarang waktunya untuk mengedit tema kalian.

Klik Customize, dan kalian akan langsung diarahkan untuk mengedit tema secara visual. Kalian bisa mengganti warna tulisan, mengganti background, mengganti font, membuat menu, memberikan tambahan widget (sidebar), bahkan hingga membuat landing page dengan Static Front Page.

cara-mengganti-tema-pada-wordpress-com-3
Gambar 4.

Penutup

Mencari tema yang cocok adalah hal yang tidak boleh dianggap remeh. Tema merupakan hal yang sangat penting karena dengan tema yang bagus dan menarik, pengunjung pun akan merasakan pengalaman yang baik. Itu artinya, pengunjung akan betah berlama-lama di situs kalian.

Baca juga:  Cara Membuat Website/Blog Gratis dengan WordPress

Tidak semua pengunjung yang berasal dari Search Engine seperti Google akan kembali mengunjungi situs kalian — atau biasa disebut First Time Visitor. Hanya kemungkinan kecil pengunjung tersebut akan kembali mengunjungi situs kalian kembali. Dengan memberikan pengalaman yang baik bagi pengunjung, kemungkinan besar pengunjung tersebut bisa menjadi pengunjung setia situs kalian, bahkan hingga merekomendasikannya kepada orang lain.

Bagi pemula, mengganti tema berkali-kali adalah hal yang wajar. Apalagi jika kalian mengunjungi situs tertentu dan ternyata tema yang digunakan lebih bagus dari pada yang kalian gunakan, pasti kalian akan penasaran dan tertarik untuk mencari tau tema yang mereka gunakan, bahkan hingga langsung menggantinya dengan tema tersebut.

Jadi, saran saya, luangkan waktu tersendiri untuk mencoba beberapa tema yang cocok untuk situs kalian. Jangan hanya terpatok dengan tema-tema yang digunakan pada situs tertentu. Dengan tema dan pengaturan yang menarik, itu bisa menjadi ciri khas untuk situs kalian.

 

Jadi, itulah beberapa hal yang dapat saya jelaskan dalam tutorial Cara Mengganti Tema pada WordPress.com. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply