cara-mengatasi-duplicate-image-pada-wordpress

Cara Mengatasi Duplicate Image pada WordPress

Dalam tutorial singkat kali ini, saya akan menjelaskan Cara Mengatasi Duplicate Image pada WordPress. Pada beberapa kasus, ketika kita mengupload sebuah gambar di WordPress, tidak jarang gambar tersebut terduplikat menjadi beberapa gambar. Jika hanya mengupload 1 gambar, mungkin tidak akan banyak yang terduplikasi. Tapi, bagaimana jika kita mengupload puluhan gambar, dan semua itu terduplikat?

- Advertisements -

Menggunakan gambar yang sama untuk beberapa post juga dapat mengurangi resource yang dibebankan pada hosting kalian. Apalagi jika kalian mengelola sebuah website besar yang memiliki ratusan hingga ribuan post ataupun gambar.

Jika kalian tidak pernah mengalami hal serupa seperti ini, mungkin artikel ini dapat menjadi referensi tambahan jika suatu saat kalian juga mengalaminya. Jadi, inilah penjelasan mengenai Cara Mengatasi Duplicate Image pada WordPress.

Cara Mengatasi Duplicate Image

Pertama, download dan aktifkan plugin Media Deduper (download).

cara-mengatasi-duplicate-image-pada-wordpress
Gambar 1.

Jika sudah, klik Media > Manage Duplicates. Pada halaman tersebut, akan ditampilkan gambar-gambar kalian yang terduplikasi. Pastikan terdapat keterangan “All media have been indexed“, apabila tidak ada, silakan ikuti petunjuk untuk agar plugin tersebut melakukan scanning pada semua Media yang terdapat pada situs kalian.

Jika sudah terindex, akan ada keterangan “Great news, no duplicates were found!” apabila kalian tidak memiliki gambar yang terduplikat. Tetapi jika kalian mendapati gambar yang terduplikat, tabel tersebut akan berisi gambar-gambar yang serupa. Kalian juga bisa langsung menghapusnya dari menu tersebut.

Baca juga:  Cara Deploy Azure Web App menggunakan Local Git

 

Jadi, itulah penjelasan singkat mengenai Cara Mengatasi Duplicate Image pada WordPress. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Fadhlillah Ariefianto
Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.