Skip to main content
cara-mengatasi-broken-link-pada-wordpress

Cara Mengatasi Broken Link pada WordPress

Salah satu optimasi SEO bagi seorang blogger adalah dengan meminimalisir broken link yang ada pada situs yang dikelolanya. Broken link yang ada pada sebuah situs, akan sangat merugikan pemilik situs itu sendiri. Hal itu dikarenakan webmaster dapat mendeteksi error-error tersebut dengan sangat cepat. Hal tersebut dapat menyebabkan situs kalian mendapatkan peringkat yang buruk bagi search engine.

Jika kalian memiliki ataupun mengelola sebuah situs, ada baiknya kalian perlu memahami Cara Mengatasi Broken Link pada WordPress yang akan saya jelaskan pada tutorial kali ini. Artikel ini difokuskan untuk para pengguna WordPress. Apabila kalian tidak menggunakan WordPress, kalian dapat menggunakan artikel ini sebagai referensi kalian untuk ke depannya.

Cara Mengatasi Broken Link pada WordPress

Broken link sendiri adalah link aktif yang berada pada sebuah situs tetapi jika link tersebut di-klik, pengunjung akan mendapatkan kode error 404 yang berarti halaman tersebut tidak tersedia. Broken link juga sering disebut dengan dead link.

Berlaku juga untuk sebuah gambar yang berada di dalam sebuah artikel. Contohnya adalah jika kalian melihat sebuah tanda silang (X) pada tempat yang seharusnya diisi gambar. Biasanya hanya berisikan sebuah text yang berada pada tag alt.

Langsung saja, berikut saya jelaskan bagaimana Cara Mengatasi Broken link pada sebuah situs WordPress.

Pertama, download dan aktifkan plugin Broken Link Checker. (download)

Baca juga:  Cara Membuat Email Forwarding di cPanel
cara-mengatasi-broken-link-pada-wordpress
Gambar 1.

Jika sudah selesai, klik Settings > Link Checker untuk masuk ke pengaturan utama.

Berikut adalah konfigurasi dasar pada pengaturan plugin Broken Link Checker:

Tab General

cara-mengatasi-broken-link-pada-wordpress
Gambar 2.

Status merupakan tampilan informasi jika plugin tersebut mendeteksi sebuah broken link, dan juga menampilkan informasi jika plugin tersebut sedang mendeteksi semua link aktif yang ada pada situs tersebut.

Check each link. Ini adalah pengaturan untuk menjadwalkan pengecekan secara berkala. Misalkan, setiap 72 jam sekali, atau sama saja dengan 3 hari sekali.

Email Notification. Jika kalian ingin mendapatkan pemberitahuan melalui email jika terdapat broken link, silakan aktifkan pilihan ini.

Tab Look for Links in

cara-mengatasi-broken-link-pada-wordpress
Gambar 3.

Ini adalah pengaturan link pada bagian mana saja plugin tersebut akan mendeteksi link yang ada pada situs. Misalkan link-link yang ada pada comments, pages, post, dan beberapa pengaturan lainnya.

Tab Which Links to Check

cara-mengatasi-broken-link-pada-wordpress
Gambar 4.

Ini adalah pengaturan jenis link apa saja yang akan dideteksi. Berikan tanda checklist pada pilihan HTML links dan HTML images agar semua link dan gambar yang ada pada situs kalian terdeteksi.

Kalian bisa menyesuaikan pengaturan-pengaturan lain sesuai dengan kebutuhan kalian.

Berikut ini adalah beberapa pilihan tindakan yang tersedia jika kalian mendapati notifikasi error broken link.

  • Edit URL. Digunakan jika kalian ingin mengubah url dari link tersebut. Jika link tersebut terdapat pada beberapa tempat lainnya, url tersebut akan langsung terganti semua secara otomatis.
  • Unlink. Digunakan untuk menonaktifkan link tersebut.
  • Not broken. Memberikan notifikasi dan memastikan pada plugin jika link tersebut bukan berupa broken link.
  • Dismiss. Digunakan untuk mengabaikan link tersebut dari pengecekan jika terjadi error.
  • Recheck. Digunakan untuk melakukan pengecekan ulang pada link tersebut. Sangat disarankan melakukan recheck kembali apabila kalian melakukan Edit URL.
Baca juga:  Belajar PHP & MySQL: Membuat Formulir Pendaftaran Sederhana

 

Jadi, itulah beberapa penjelasan yang dapat saya berikan dalam artikel Cara Mengatasi Broken Link pada WordPress. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

3 thoughts to “Cara Mengatasi Broken Link pada WordPress”

  1. bagaimana kita menentukan broken link itu harus di dismiss, edit url, unlink, not broken link, unlink dan recheck? terima kasih

  2. jadi broken link checker ini tugas nya apa ya? hanya deteksi link mana saja yg broken? atau bisa mengatasi bagaimana link tersebut harus di perbaiki? terima kasih

    1. Halo. Broken link dapat memperburuk SEO dari konten yang dibuat. Dan maksud mengatasi dalam hal ini adalah, pemilik situs dapat memilih tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi broken link tersebut. Keputusan untuk mengambil tindakan yang harus diambil, tentunya tergantung pemilik situs itu sendiri. Bisa di edit, mungkin faktor kesalahan penulisan atau pindah alamat. Di unlink jika hanya menginginkan penghapusan link dari anchor tag yang mengalami broken. Atau ingin di dismiss, jadi akan diabaikan dalam scanning berikutnya. Apakah seperti itu yang dimaksud?

      Jika masih ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung melalui halaman Facebook kami di https://www.facebook.com/TutorialPemrogramanID/

      Semoga membantu. Terima kasih 🙂

Leave a Reply