Skip to main content
cara-membuat-website-gratis-di-microsoft-azure

Cara Membuat Website Gratis di Microsoft Azure

Jika kalian mempunyai script .html, .php, atau ekstensi apapun berbasis web, kalian bisa menggunakan fitur Web App yang disediakan oleh Microsoft Azure secara gratis. Sebagai contoh, jika kalian membuat sebuah game berbasis web (misalkan jika kalian membuat game dengan Construct 2), ataupun jika kalian mempunyai sebuah demo dari aplikasi berbasis web yang telah kalian buat, kalian bisa memanfaatkan fitur ini.

Dengan menggunakan fitur Web App yang tersedia di Microsoft Azure, kalian tidak perlu lagi menyewa sebuah hosting ataupun menggunakan domain-domain gratis yang banyak tersedia di luar sana. Microsoft Azure Web App ini dapat digunakan selayaknya kalian menggunakan sebuah hosting dengan akses root ke dalam situs kalian. Singkatnya, kalian bisa mengupload sendiri aplikasi-aplikasi berbasis web yang kalian buat. Ditambah lagi, kalian juga mendapat sub-domain .azurewebsites.net secara gratis.

Artikel lainnya dalam seri ini:

Pendahuluan

Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana Cara Membuat Website Gratis di Microsoft Azure. Berikut adalah beberapa artikel pendukung yang dapat kalian baca terlebih dahulu sebelum melanjutkan tutorial ini.

Baca juga:

Untuk dapat mengikuti tutorial ini, pastikan kalian telah mempunyai akun Microsoft Azure dengan subscription apapun. Kalian dapat memanfaatkan program Dreamspark (sekarang sudah menjadi Microsoft Imagine), BizSpark, ataupun kalian bisa mencobanya secara gratis dengan mendaftar Free Trial. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kalian dapat membaca 2 artikel pendukung di atas. Selanjutnya, saya asumsikan kalian sudah memiliki Azure Subscription aktif yang dapat digunakan.

Baca juga:  Cara Membuat Website dengan Hosting Gratis di GitHub Pages

Cara Membuat Website Gratis di Microsoft Azure

Silahkan klik video di bawah ini untuk melihat versi video. Abaikan jika kalian ingin melanjutkan membaca.

Pertama, silahkan buka browser kalian dan masuk ke https://portal.azure.com/ dengan menggunakan email yang telah terdaftar dalam subscription.

Pada menu sidebar sebelah kiri, klik New > Web + Mobile > Web App.

cara-membuat-website-gratis-di-microsoft-azure
Gambar 1.

Kemudian, kalian akan diminta untuk mengisi beberapa konfigurasi.

cara-membuat-website-gratis-di-microsoft-azure
Gambar 2.

Isilah App name sesuai dengan keinginan kalian. App name ini akan menjadi url website kalian dengan akhiran .azurewebsites.net.

Untuk Resource Group pilih saja Create new dan isikan sesuai dengan App name kalian (boleh diisikan bebas, tidak harus sama dengan App name).

Terakhir, klik App Service plan/Location > Create New. Isi App Service plan dengan SoutheastAsia dan pilih Location dengan Southeast Asia. Lalu, klik Pricing Tier > pilih F1 Free > klik Select > OK.

Setelah semua terisi, beri tanda checklist pada Pin to dashboard dan klik Create. Tunggulah beberapa saat hingga proses deploying selesai dan ter-pin di Dashboard Portal Azure kalian.

cara-membuat-website-gratis-di-microsoft-azure
Gambar 3.

Jika sudah selesai, klik Web App kalian yang sudah ter-pin di halaman Dashboard. Untuk mengecek apakah website kalian sudah berhasil dibuat, kalian bisa klik link pada bagian url. Jika sudah berhasil, akan terdapat tulisan “This web app has been successfully created.”

Agar kalian dapat mem-publish kode aplikasi yang sudah dibuat, kalian harus melakukan reset Deployment Credentials. Caranya adalah klik Deployment credentials pada bagian App Deployment. (cara ini hanya dilakukan jika kalian baru pertama kali menggunakan ataupun membuat Web App di Microsoft Azure)

Baca juga:  Cara Upload File dengan FTP di FileZilla
cara-membuat-website-gratis-di-microsoft-azure
Gambar 4.

Isikan bagian username dan password sesuai dengan keinginan kalian. Jika sudah selesai, klik Save.

Sekarang, kalian sudah berhasil membuat website di Microsoft Azure. Kalianpun sudah dapat mengupload script-script dari aplikasi yang telah kalian buat. Kalian bisa mengupload script-script kalian menggunakan Visual Studio (dengan Azure SDK), OneDrive, Local Git Repository, GitHub, Bitbucket, Dropbox ataupun melalui FTP.

cara-membuat-website-gratis-di-microsoft-azure
Gambar 5.

 

Dalam artikel berikutnya, saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara upload file menggunakan OneDrive, GitHub, FTP dan lain sebagainya. Berikut ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk mendeploy Azure Web App kalian yang telah dibuat.

Artikel lainnya dalam seri ini:

 

Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply