Skip to main content
cara-membuat-smooth-scroll-pada-website-dengan-jquery

Cara Membuat Smooth Scroll pada Website dengan jQuery

Membuat sebuah desain user interface yang baik, tentunya akan membuat sebuah pengunjung website menjadi lebih betah bernavigasi di website kalian. Tidak hanya dengan tampilannya saja, banyak library-library dari JavaScript yang dapat dimanfaatkan untuk membuat efek-efek menarik, salah satunya dengan jQuery. Untuk teman-teman web developer, mungkin tidak asing dengan efek smooth scrolling. Efek smooth scrolling ini biasanya paling sering terlihat di halaman blog yang terdapat button back to top.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah Cara Membuat Smooth Scroll pada Website dengan jQuery. Untuk mengikuti tutorial ini, saya asumsikan teman-teman sudah menginstall XAMPP dan mengerti cara menggunakan XAMPP.

Cara Membuat Smooth Scroll pada Website dengan jQuery

Pertama, silakan buat 1 folder dengan nama smoothscrolljs di dalam folder htdocs, kemudian buat 1 file dengan nama index.php di dalam folder tersebut (htdocs/smoothscrolljs/index.php).

Selanjutnya, ketikkan program di bawah ini pada file index.php yang sudah dibuat pada tahap sebelumnya.

Setelah selesai, silakan tambahkan potongan program di bawah ini tepat di bawah tag </body>. Jika sudah, jangan lupa untuk save file kalian.

Untuk mencoba program yang telah dibuat silakan buka browser kalian, secara default kalian dapat mengaksesnya pada halaman http://localhost/smoothscrolljs/. Sebelumnya, pastikan modul Apache kalian pada XAMPP sudah aktif. Kalian juga dapat klik tautan berikut untuk melihat demo yang telah dibuat pada tutorial ini.

Baca juga:  Cara Install WordPress di localhost

 

Itulah tutorial singkat bagaimana Cara Membuat Smooth Scroll dengan jQuery. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply