Skip to main content
cara-membuat-post-dan-page-pada-wordpress

Cara Membuat Post dan Page pada WordPress

Pada artikel sebelumnya, saya sudah memberikan penjelasan bagaimana Cara Install WordPress di localhost untuk teman-teman yang ingin belajar WordPress.org secara gratis. Dan saya juga sudah memberikan penjelasan bagaimana Cara Membuat Website/Blog Gratis dengan WordPress.com untuk teman-teman pemula yang baru terjun ke dunia blogging dan baru mengenal WordPress.

Kali ini, saya akan memberikan penjelasan bagaimana Cara Membuat Post dan Page pada WordPress. Artikel ini dapat digunakan untuk WordPress.com dan juga WordPress.org atau biasa disebut dengan WordPress Self Hosted.

Perbedaan Post dan Page

Post dan page adalah dua hal yang berbeda. Secara singkat, post adalah konten yang bersifat dinamis dan selalu ditampilkan secara kronologikal pada halaman blog post kalian. Post digunakan untuk memuat konten utama seperti artikel-artikel. Setiap post baru dibuat, post yang terbaru akan selalu ditampilkan paling atas. Sedangkan Page, adalah halaman statis yang biasanya digunakan untuk membuat halaman About, Contact, dan lain sebagainya. Page tidak akan ditampilkan seperti post secara kronologikal.

Cara Membuat Post pada WordPress

Secara umum, membuat post pada WordPress.com dan WordPress.org tidak akan jauh berbeda. Dalam tutorial ini, saya akan menggunakan WordPress.com dan WordPress.org yang sudah dibuat pada artikel sebelumnya.

Baca juga:

Hal yang pertama harus dilakukan adalah masuk ke halaman /wp-admin/ atau halaman Dashboard kalian.

Baca juga:  Cara Membuat Child Theme pada WordPress dan Penjelasannya

Pada menu di sebelah kiri, pilih Post > Add New atau Post > All Post > Add New.

cara-membuat-post-pada-wordpress
Gambar 1. Versi WordPress.org

 

Menulis Artikel

Masukan judul post kalian pada bagian yang tertulis Enter title here.

Secara default, permalink akan dibuat sesuai dengan judul post kalian. Kalian bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan kalian dengan cara klik Edit di samping permalink, dan klik OK untuk menyimpan perubahan tersebut.

cara-membuat-post-pada-wordpress
Gambar 2.

Pada bagian text editor, kalian bisa menggunakan fitur layaknya yang terdapat pada Microsoft Word. Kalian dapat menggunakan Bold, Italic, Underline, dan lain sebagainya untuk memberikan format tambahan pada tulisan post kalian.

cara-membuat-post-pada-wordpress
Gambar 3.

Upload Gambar

Ingin menambahkan gambar untuk post kalian? Klik Add Media dan kalian sudah bisa memilih file yang ingin di upload.

Jika sudah terupload, klik Insert untuk memasukkannya pada post kalian, atau klik Edit untuk memberikan pengaturan tambahan lainnya, seperti pengaturan posisi dan ukuran.

cara-membuat-post-pada-wordpress
Gambar 4.

Tag & Kategori

Tag dan Kategori pada WordPress, biasanya digunakan untuk mengelompokkan artikel-artikel yang kalian buat. Misalkan pada situs ini, terdapat beberapa kategori utama seperti Blogs, Database, Desktop App Development, Games Development, Mobile App Development dan Web Development.

Kalian dapat membuat atau menambahkan kategori dengan cara, klik Add New Category.

cara-membuat-post-pada-wordpress
Gambar 5.

Menambahkan Featured Image

Featured Image ini akan ditampilkan pada awal artikel dan berada di luar artikel, bukan di dalam artikel.

Baca juga:  Cara Deploy Azure Web App menggunakan OneDrive

Cara membuat Featured Image sangat mudah, kalian hanya perlu klik Set Featured Image dan pilih atau upload gambar yang ingin kalian gunakan.

Publish Post

Sudah selesai? Sekarang waktunya artikel kalian di publish.

Pada bagian Publish di sebelah kanan, kalian bisa memberikan beberapa sentuhan tambahan sebelum post kalian dapat dilihat semua orang.

cara-membuat-post-pada-wordpress
Gambar 6.

Save Draft = Untuk menyimpan post jika belum ingin dipublish.

Preview = Untuk melihat hasil akhir desain post atau artikel kalian.

Visibility = Untuk mengatur artikel kalian agar ditampilkan secara Public (dapat dilihat semua orang), Password Protected (hanya dapat dibaca dengan menggunakan password), atau Private (hanya bisa dilihat oleh kalian sendiri atau user lain dengan kemampuan dapat membaca Private Post).

Move to Trash = Untuk menghapus artikel atau post.

Publish = Untuk mengatur waktu publish artikel kalian. Secara default, ketika kalian klik Publish, post kalian akan langsung ditampilkan pada halaman utama, tapi kalian bisa juga menjadwalkan post kalian untuk di publish pada tanggal, jam, atau waktu tertentu sesuai dengan keinginan kalian.

Jika tidak ada perubahan, biarkan secara default, dan klik Publish.

Artikel pun sudah bisa dilihat pada halaman utama kalian.

Cara Membuat Page pada WordPress

Untuk cara membuat Page pada WordPress, caranya hampir sama dengan cara membuat post pada WordPress di tahap sebelumnya. Perbedaan utamanya hanya pada page tidak terdapat tag dan kategori.

Baca juga:  Cara Mengganti Tema pada WordPress.com

Untuk membuat page pada WordPress, caranya cukup pilih Pages > Add New atau Pages > All Pages > Add New.

cara-membuat-post-pada-wordpress
Gambar 7.

Jadi, itulah Cara Membuat Post dan Page pada WordPress. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply