Skip to main content
cara-membuat-custom-post-type-pada-wordpress

Cara Membuat Custom Post Type pada WordPress

Dalam tutorial kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai Cara Membuat Custom Post Type pada WordPress. Custom Post Type (selanjutnya disingkat CPT) biasanya digunakan untuk membuat artikel terpisah dari template post utama yang sudah disediakan secara default. Dengan menggunakan CPT, pengguna dapat membuat detail-detail lain sesuai keperluan, termasuk juga membuat slug (atau permalink) tersendiri yang dapat disesuaikan dengan keperluan pembuatan CPT itu sendiri.

Secara default, WordPress memberikan berbagai macam post type yang dapat digunakan, salah satunya adalah post, page dan attachment. Tetapi WordPress juga memberikan kebebasan agar penggunanya dapat membuat post type tersendiri. Misalkan untuk halaman portfolio yang berisi dokumentasi project-project yang telah dikerjakan, atau halaman testimonial yang berisi pendapat dan masukan orang lain mengenai produk kalian. Di mana post type tersebut dapat dipisah dari halaman post utama agar tidak mengganggu postingan-postingan kalian yang lain, yang mungkin hanya berisi blog post.

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai Custom Post Type menurut WPBeginner:

If you run a movie review website, then you would probably want to create a movie reviews post type. This post type can have different custom fields and even its own custom category structure. Other examples of post types are: Portfolio, Testimonials, Products, etc. wpbeginner.com

Membuat custom post type dapat dilakukan secara manual dengan cara menulis sendiri script nya, ataupun menggunakan plugin. Karena artikel ini ditunjukkan untuk teman-teman pemula, jadi saya akan memberikan penjelasan cara membuat custom post type menggunakan plugin. Setelah membuat CPT dengan plugin ini, kalian bisa men-export/copy kode CPT nya, yang dapat kalian paste ke dalam file function.php pada child theme yang kalian miliki. Sehingga dapat mengurangi penggunaan plugin untuk mempercepat situs WordPress kalian.

Baca juga:  Cara Install Plugin di WordPress

Dengan menggunakan plugin terlebih dahulu, dapat mengurangi terjadinya kesalahan-kesalahan jika membuat kodenya sendiri. Selain itu, dengan menggunakan plugin ini juga dapat mencakup keseluruhan dari hal-hal yang diperlukan untuk membuat Custom Post Type pada WordPress.

Cara Membuat Custom Post Type pada WordPress

Pertama, silakan kalian download dan aktifkan plugin CPT UI (download).

cara-membuat-custom-post-type-pada-wordpress
Gambar 1.

Jika sudah, silakan pilih CPT UI > Add/Edit Post Type pada sidebar di sebelah kiri dashboard kalian. Berikut adalah 3 menu pengaturan utama yang harus kalian atur terlebih dahulu.

Gambar 2. Tampilan Utama (lihat gambar)

Basic Settings

Misalkan dalam tutorial ini kita akan membuat CPT untuk testimonial. Isikan post type slug dengan nama yang akan ditampilkan dalam permalink. Sebagai contoh, jika diisi testimonial, maka slug nya akan berbentuk domainanda.com/testimonial/nama-post. Lengkapi juga bagian Plural Label dan Singular Label karena bagian tersebut wajib diisi.

Additional Labels

Lengkapi halaman tersebut jika kalian ingin memberikan label tambahan pada post type tersebut. Bagian ini tidak wajib diisi, jadi kalian dapat membiarkannya default.

Settings

Berikut adalah beberapa pengaturan yang wajib kalian perhatikan dengan baik:

  • Has Archives(True/False): Apakah halaman tersebut akan memiliki halaman archives (dimana pada slug dari CPT tersebut akan berisi arsip semua postingan yang ada pada CPT tersebut).
  • Capability Type (post/page): Apakah halaman ini berbentuk seperti post atau page. (baca perbedaan post dan page di sini)
  • Hierarchical (True/False): Jika true, maka akan post type tersebut akan bersifat hirarki (parent-child).
  • Supports: Beri tanda checklist untuk menampilkan fitur-fitur tersebut pada halaman editor CPT kalian.
Baca juga:  Panduan Dasar XAMPP untuk Pemula

Jika sudah semua, klik Add Post Type. Kalian dapat melihat bahwa menu post type untuk testimonial sudah tampil di halaman dashboard kalian.

Kalian dapat menggunakan fitur Get Code untuk mengambil script .php yang dapat di copy ke file function.php child theme kalian.

Caranya sangat mudah. Pada dashboard kalian, pilih CPT UI > Tools > Get Code. Copy script yang kalian butuhkan, baik itu untuk post type tertentu, atau keseluruhan post type yang telah dibuat.

cara-membuat-custom-post-type-pada-wordpress
Gambar 3. © CPT UI

 

Jadi, itulah penjelasan mengenai Cara Membuat Custom Post Type pada WordPress. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

3 thoughts to “Cara Membuat Custom Post Type pada WordPress”

  1. bro tolong dong.. saya kan install custom post type permalink plugin biar bisa pada post type nya nambah category di permalinknya.. nah masalahnya waktu saya tambah kayak gini “/post_type/%category%/%postname%/” tapi categorynya malah gak kebaca jadi uncategorized. gimana cara biar categorynya muncul ya?

Leave a Reply