Skip to main content
cara-install-wordpress-di-localhost

Cara Install WordPress di localhost

Untuk belajar WordPress Self Hosted, kalian tidak harus mempunyai sebuah hosting dan domain. Siapapun dapat mempelajari WordPress Self Hosted secara gratis. Walaupun hanya dapat digunakan untuk keperluan belajar saja, bukan untuk keperluan komersial atau penggunaan website yang sebenarnya. Untuk dapat menggunakan WordPress Self Host secara mandiri, tentunya kalian tetap harus memiliki sebuah hosting dan domain.

Cara Install WordPress di localhost

Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara install WordPress di localhost. Cara ini dapat digunakan untuk siapa saja yang ingin mempelajari WordPress Self Host lebih dalam lagi. Cara ini juga dapat digunakan jika kalian ingin menginstall WordPress secara mandiri di hosting yang kalian miliki.

Baca juga: “Panduan Dasar XAMPP untuk Pemula

Berikut adalah cara install WordPress di localhost:

  1. Hal yang pertama harus kalian lakukan adalah mendownload WordPress versi terbaru di www.wordpress.org/download.
  2. Pastikan kalian telah menginstall XAMPP Control Panel atau web server sejenisnya, kemudian aktifkan modul Apache dan MySQL.
    mengaktifkan-modul-apache-dan-mysql
    Gambar 1.
  3. Saya akan menginstall WordPress pada direktori localhost/demo.tutorialpemrograman.com/ atau sama saja dengan C:\xampp\htdocs\demo.tutorialpemrograman.com\. (Kalian bisa membuat folder dengan nama lain)
  4. Buka folder hasil download kalian, kemudian extract dan letakkan seluruh file yang ada pada folder wordpress ke C:\xampp\htdocs\demo.tutorialpemrograman.com\{disini}. Buka browser kalian dan akses localhost/demo.tutorialpemrograman.com/. Jika berhasil, tampilan pada browser kalian akan seperti pada gambar dibawah ini.
    cara-install-wordpress
    Gambar 2.
  5. Yang harus kalian lakukan sekarang adalah membuat database. Buka tab baru pada browser dan masuk ke localhost/phpmyadmin/ atau buka kembali XAMPP Control Panel kalian dan klik tombol admin pada kolom MySQL.
  6. Setelah halaman utama phpmyadmin terbuka, klik Database dan isikan nama database dengan db_wordpress, kemudian klik tombol create.
    membuat-database-2
    Gambar 3.
  7. Buka kembali tab localhost/demo.tutorialpemrograman.com/ pada browser kalian, kemudian klik Let’s go!
  8. Isi Database dengan nama database yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. Isi username dengan root. Isi database host dengan localhost. Isi table prefix dengan demo_. Kemudian, klik submit. Jika koneksi berhasil, kalian bisa melanjutkan installasi dengan cara klik Run the install.
    cara-install-wordpress
    Gambar 4.
  9. Isikan informasi seperti nama website, username, password, dan email kalian, kemudian klik Install WordPress. Jika sudah berhasil, klik Log In. Dan, selesaaii.
    cara-install-wordpress-4
    Gambar 5.

Dan WordPress pun siap digunakan. Kalian bisa mengaksesnya di localhost/demo.tutorialpemrograman.com/ atau localhost/demo.tutorialpemrograman.com/wp-admin/ untuk mengakses halaman administrator-nya.

halaman-admin-wordpress
Gambar 6. Halaman Administrator WordPress

 

Baca juga:  Cara Mudah Backup dan Restore WordPress
halaman-awal-wordpress
Gambar 7. Halaman Utama WordPress

 

Jadi, itulah Cara Install WordPress di localhost. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply