Skip to main content
cara-install-plugin-di-wordpress

Cara Install Plugin di WordPress

Kelebihan dari WordPress.org salah satunya adalah pengguna dapat menginstall plugin sebanyak mungkin. Plugin dapat digunakan untuk memberikan fungsi-fungsi tertentu sesuai dengan keinginan kalian. Menginstall plugin di WordPress sebenarnya sangat mudah dilakukan. Tetapi untuk para pemula, mungkin hal ini akan sangat membingungkan. Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana Cara Install Plugin di WordPress.

Tutorial ini hanya dapat dilakukan jika kalian menggunakan WordPress.org.

Cara Install Plugin di WordPress

Terdapat 3 cara yang dapat dilakukan untuk install plugin di WordPress. Berikut adalah cara-caranya:

Melalui Menu Plugin

Pertama, silahkan masuk dashboard situs kalian. Pada bagian menu di sebelah kiri, klik Plugin > Add New.

Di sana, kalian dapat menggunakan shortcut seperti Popular untuk mengetahui plugin-plugin yang sedang banyak digunakan para pengguna WordPress.org, ataupun Recommended untuk melihat plugin-plugin yang di rekomendasikan. Kalian juga bisa memanfaatkan kotak Search jika kalian sudah mengetahui plugin tertentu yang ingin di install.

cara-install-plugin-di-wordpress
Gambar 1.

Untuk menginstallnya, silahkan pilih satu plugin, kemudian klik Install Now. Dalam tutorial ini, saya akan menginstall plugin Jetpack.

Setelah klik Install Now, tulisan tersebut berubah menjadi Installing. Itu artinya, plugin tersebut sedang melakukan proses instalasi. Jika sudah selesai, akan berubah lagi menjadi Active. Klik Active, untuk mengaktifkan plugin tersebut.

cara-install-plugin-di-wordpress
Gambar 2.

Upload Manual dari Menu Plugin

Pada cara ini, kalian bisa mengupload sendiri plugin-plugin yang ingin kalian install. Jika kalian mempunyai plugin-plugin berbayar yang tidak disediakan oleh WordPress, kalian bisa menggunakan cara ini. Kalian pun bisa menginstall plugin yang sudah di download secara manual di halaman https://wordpress.org/plugins/ dengan cara ini juga.

Baca juga:  Cara Membuat Related Post di dalam Post pada WordPress

Pertama, klik Upload Plugin (lihat gambar 1.), kemudian klik Browse.

D:\Pictures\Tutorial Saved Picture - Pemrograman ID\cara-install-plugin-di-wordpress
Gambar 3.

Silahkan cari file .zip dari plugin yang sudah terdownload di PC kalian. Kemudian klik Install Now. Jika sudah berhasil, kalian akan mendapatkan pemberitahuan jika proses install sudah selesai. Lalu, klik Activate Plugin.

cara-install-plugin-di-wordpress
Gambar 4.

Upload Manual dengan FTP

Untuk cara ini, saya asumsikan kalian sudah bisa menghubungkan dan mengakses situs kalian melalui FTP. Dalam tutorial ini, saya akan menggunakan software FileZilla yang bisa kalian download di sini.

Cara ini hampir sama seperti sebelumnya di mana kalian bisa mengupload plugin-plugin berbayar yang tidak disediakan oleh WordPress ataupun mengupload plugin-plugin yang kalian download manual di halaman https://wordpress.org/plugins/.

Pertama, buka FileZilla dan koneksikan dengan WordPress kalian.

Lalu, extract terlebih dahulu file .zip dari plugin yang sudah terdownload di PC kalian. Setelah itu, hasil extract tersebut yang berupa folder, kalian upload pada /public_html/wp-content/plugins/{disini}.

Baca juga: “Cara Upload File dengan FTP di FileZilla

Jika sudah, silahkan kembali ke dashboard situs kalian. Dan aktifkan melalui Plugin > Install Plugins. Cari plugin yang sudah kalian upload, kemudian klik Activate.

 

Jadi, itulah 3 Cara Install Plugin di WordPress. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

2 thoughts to “Cara Install Plugin di WordPress”

Leave a Reply