Cara Deploy Azure Web App menggunakan OneDrive

Jika kalian membuat sebuah Web App di Microsoft Azure, kalian memiliki beberapa cara untuk mengupload script kalian agar dapat digunakan. Beberapa caranya adalah dengan menggunakan FTP, GitHub dan OneDrive. Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana Cara Deploy Azure Web App menggunakan OneDrive. Dengan kata lain, file yang digunakan untuk Web App yang telah kalian buat, dapat disimpan di dalam OneDrive. Sehingga kalianpun dapat mengubah dan menguploadnya kembali dengan sangat mudah.

Untuk tutorial ini, saya telah membuat sebuah Web App baru dengan url http://tutorialpemrograman-onedrive-demo.azurewebsites.net/.

Artikel lainnya dalam seri ini:

Cara Deploy Azure Web App Menggunakan OneDrive

Pertama, masuk ke https://portal.azure.com/, lalu buka Web App yang ingin kalian gunakan pada dashboard Portal Azure.

Pada bagian menu di sebelah kiri, klik Deployment Options, sehingga seperti tampilan di bawah ini.

Gambar 1.

Selanjutnya, kalian akan diarahkan pada bagian Set Up Deployment Source, klik Choose Source, pilih OneDrive.

Gambar 2.

Klik pada bagian Authorization untuk melakukan konfigurasi. Lalu, klik Authorize.

Gambar 3.

Setelah itu, akan terdapat pop-up yang meminta kalian untuk mengizinkan Microsoft Azure untuk mengakses OneDrive kalian, klik Yes.

Gambar 4.

Jika sudah, tampilan kalian sekarang akan seperti gambar di bawah. Pada bagian choose folder, secara default akan terisi sesuai dengan nama Web App yang kalian gunakan. Selanjutnya, klik OK.

Gambar 5.

Tunggu beberapa saat hingga terdapat notifikasi “Successfully set up deployment source“.

Gambar 6.

Setelah kalian mendapatkan notifikasi. Sekarang kalian bisa membuka OneDrive kalian melalui browser ataupun langsung melalui desktop. Di dalam OneDrive kalian, akan terdapat sebuah folder baru Aplikasi > Azure Web App. Di dalam folder Azure Web App, kalian akan melihat folder sesuai dengan nama Web App kalian. Folder tersebut dapat kalian isi dengan file-file aplikasi berbasis web yang telah kalian buat. Jadi, jika kalian mengisi folder tersebut dengan file-file aplikasi kalian, otomatis akan tersinkron dengan Web App tersebut.

Sebagai contoh, saya telah membuat sebuah file HelloWorld sederhana menggunakan .php yang sudah saya letakkan di dalam folder Aplikasi > Azure Web App > tutorialpemrograman-onedrive-demo. Apabila Web App kalian masih belum menampilkan aplikasi kalian, masuk kembali ke dalam Portal Azure, buka Web App kalian, pilih Deployment Options. Lalu, klik Sync > Yes.

Gambar 7.

Jika sudah mendapatkan notifikasi “Synchronization request submitted“, cek kembali Web App kalian, dan file ataupun aplikasi kalian sekarang sudah ditampilkan.

Gambar 8.

Kalian bisa mengunjungi situs http://tutorialpemrograman-onedrive-demo.azurewebsites.net/ untuk melihat demo dari tutorial ini, atau klik di sini.

 

Jadi, itulah Cara Deploy Azure Web App menggunakan OneDrive. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.
Exit mobile version