Skip to main content

Cara Aktivasi Microsoft Azure menggunakan VCN BNI

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara aktivasi subscription Microsoft Azure yaitu Visual Studio Dev Essentials. Saya akan menggunakan layanan pendukung dari bank BNI yaitu VCN atau Virtual Credit Number. VCN ini nantinya akan digunakan sebagai pengganti kartu kredit karena saat ini Microsoft Azure membutuhkan verifikasi kartu kredit untuk melakukan aktivasi subscription Visual Studio Dev Essentials. Dengan menggunakan VCN, kita dapat menggunakan nomor VCN sebagai pengganti nomor yang terdapat pada kartu kredit. Cara berikut ini dapat menjadi alternatif untuk teman-teman sekalian, khususnya teman-teman mahasiswa yang tidak memiliki kartu kredit tetapi ingin menggunakan Microsoft Azure – Visual Studio Dev Essentials.

Sebelum ke pembahasan utama, perlu diketahui artikel ini hanya merujuk pada pembahasan Cara Aktivasi subcription Microsoft Azure yaitu Visual Studio Dev Essentials menggunakan VCN dari BNI. Untuk informasi lebih lanjut mengenai detail benefit dari Visual Studio Dev Essentials, apa itu VCN, cara membuka rekening baru dan lain sebagainya, silakan merujuk situs-situs resmi yang saya letakkan pada tautan di akhir artikel.

Untuk mengikuti panduan berikut ini, pastikan kalian telah memiliki akun/email Microsoft yang masih aktif seperti live, hotmail, ataupun outlook; jika tidak ada kalian dapat membuatnya terlebih dahulu pada tautan berikut. Kemudian, pastikan kalian telah mengaktifkan fitur atau layanan sms banking atau mobile banking dan BNI VCN (jika belum, silakan merujuk pada tautan di akhir artikel). Di dalam artikel ini, saya akan menggunakan BNI Mobile Banking yang dapat di download di Play Store atau teman-teman dapat menggunakan tautan di akhir artikel.

Baca juga:  Belajar Membuat Bot dengan Azure Bot Service (Basic)

Cara Aktivasi Microsoft Azure menggunakan VCN BNI

Setelah memastikan semua kebutuhan terpenuhi, saya asumsikan teman-teman sudah memiliki email microsoft dan dapat menggunakan VCN BNI dari aplikasi BNI Mobile Banking (ataupun BNI SMS Banking).

Membuka Halaman Utama Visual Studio Dev Essentials

Hal pertama yang harus dilakukan adalah silakan buka https://www.visualstudio.com/dev-essentials/ atau klik tautan berikut dan ini adalah tampilan utamanya.

Gambar 1.

Kemudian, klik sign in pada bagian kanan atas, sehingga sekarang tampilannya menjadi seperti gambar di bawah ini. Silakan masuk menggunakan akun Microsoft kalian.

Gambar 2.

Kalian akan diminta untuk mengisi beberapa data yang diperlukan dan ini adalah tampilan utamanya. Kemudian klik use your benefit.

Gambar 3.

Jika tampilan utamanya sudah seperti pada gambar di bawah ini, klik activate pada bagian Azure.

Gambar 4.

Selanjutnya, silakan isi data-data yang diperlukan.

Gambar 5.

Pada bagian Identify Verification by Phone, silakan kalian isi dengan menggunakan nomor handphone kalian yang masih aktif, karena kalian akan dikirimkan kode verifikasi melalui sms ataupun telfon.

Gambar 6.

Selanjutnya pada bagian Identify verification by Card, barulah kita akan memanfaatkan layanan VCN dari BNI yang sudah dijelaskan sedikit pada bagian awal artikel ini.

Sebelum mengisi form tersebut, sekarang kalian jalankan aplikasi BNI Mobile Banking pada smartphone android kalian terlebih dahulu. (saat artikel ini ditulis, saya menggunakan BNI Mobile Banking versi 2.1.21, yang terupdate pada tanggal 18 Januari 2018). Kemudian, masuk menggunakan UserID kalian. Jika sudah berhasil dan tampilannya sudah seperti gambar di bawah ini, silakan klik Produk & Jasa Lainnya.

Baca juga:  Cara Deploy Azure Web App menggunakan GitHub
Gambar 7.

Lalu pilih BNI Debit Online (VCN) > Lanjut.

Gambar 8.

Masukan jumlah nominal sebesar Rp. 15.000,- > Lanjut. Isilah password transaksi kalian, lalu tekan Lanjut.

Gambar 9.

Tunggu proses hingga selesai, dan jika berhasil kalian akan mendapati notifikasi bahwa transaksi telah berhasil.

Sedikit scroll pada bagian bawah, kalian akan melihat Nomor VCN, nomor CVC2 VCN dan Valid Thru-nya. Data-data tersebut itulah yang nantinya akan digunakan sebagai data pengganti kartu kredit yang dapat menjadi alternatif untuk melakukan verifikasi pendaftaran akun Microsoft Azure.

Gambar 10.

Kembali pada form di browser PC kalian, lalu isi form tersebut dengan panduan dari gambar di bawah ini.

Gambar 11.
  • Card number > Nomor VCN
  • CVV > Nomor CVC2 VCN
  • Expiration date > Valid Thru

Pada bagian Name on card, pastikan kalian menuliskan nama kalian sesuai dengan nama yang terdaftar di rekening BNI kalian tersebut. Jika sudah terisi semua, klik Next. Dan tunggu beberapa saat untuk memastikan data kalian valid.

Jika sudah berhasil, beri tanda checklist pada bagian agreement, kemudian klik Sign Up. Dan, berikut adalah tampilan utama kalian saat ini jika proses berhasil.

Gambar 12.

Selamat, sekarang kalian bisa memanfaatkan seluruh fitur Microsoft Azure secara gratis, dan mendapatkan kredit sebesar 200 USD yang aktif selama 1 bulan penuh.

 

Jadi, itulah penjelasan mengenai Cara Aktivasi Microsoft Azure menggunakan VCN BNI. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga:  Cara Membuat Database MySQL di Microsoft Azure

 

Referensi & Rujukan:

  • https://www.visualstudio.com/dev-essentials/ (link)
  • http://www.bni.co.id/id-id/ebanking/bnidebitonline (link)
  • http://www.bni.co.id/id-id/ebanking/bnidebitonline/faq (link)
  • https://play.google.com/store/apps/details?id=src.com.bni (download)

Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply