Skip to main content
belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-cover

Belajar Membuat Bot dengan Azure Bot Service (Basic)

Apa sih itu bot? Mengapa bot sedang menjadi trending akhir-akhir ini? Mungkin kalian sangat sering mendengar mengenai bot belakangan ini, bagaimana sebuah bot dapat semakin mempermudah pekerjaan manusia. Dalam tutorial kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai bot dan tentunya belajar membuat bot dengan Azure Bot Service.

Untuk dapat mengikuti tutorial ini, pastikan kalian telah memiliki subscription Microsoft Azure. Jika belum, kalian bisa mendaftar pada program Visual Studio Dev Essentials. Cukup daftar menggunakan email Microsoft seperti outlook, live dan hotmail, kemudian kalian akan mendapatkan credit azure sebesar 200 USD.

Belajar Membuat Bot dengan Azure Bot Service (Basic)

Dalam tutorial kali ini, saya akan memberikan penjelasan singkat mengenai apa itu bot. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan utama yaitu Belajar Membuat Bot dengan Azure Bot Service dan terakhir saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara menempelkan kode html chat box dari azure bot service yang dapat digunakan pada situs kalian nantinya.

Bot yang dibuat dalam tutorial kali ini berupa bot sederhana yang dapat memberikan balasan sesuai dengan input yang diterima dari user.

Apa itu Bot?

Computer programs that talk like humans, aka bots, are the future. Let’s explore what they are and what they can do.What is a Bot? (CNET)

Sederhananya, bot adalah sebuah program komputer yang dapat berbicara ataupun berinteraksi layaknya seorang manusia sesuai dengan tujuan-tujuan tertentu. Bayangkan jika kalian mengirimkan chat untuk memesan pizza dan mengirimkannya tanpa pernah berbicara dengan manusia sebenarnnya — ya, bot lah yang menangani itu semua. Bisa disebut juga, bot adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan tugas-tugas otomatis seperti memesan tiket bioskop melalui chat, dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.

Baca juga:  Cara Deploy Azure Web App menggunakan OneDrive

Cara Membuat Bot dengan Azure Bot Service

Pertama, silakan masuk ke portal.azure.com terlebih dahulu menggunakan email yang sudah memiliki subscription aktif.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-1
Gambar 1.

Kemudian klik New pada sidebar di bagian kiri dashboard, kemudian search bot service, lalu Enter.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-2
Gambar 2.

Jika sudah terdapat beberapa hasil pencarian yang ditampilkan, silakan pilih Bot Service (preview) dengan publisher Microsoft. Kemudian, pilih Create.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-3
Gambar 3.

Terdapat beberapa konfigurasi utama yang harus kalian atur terlebih dahulu, berikut adalah konfigurasi sederhana yang saya gunakan dalam tutorial ini. Silakan isikan app nameresource group, dan app service plan. Terdapat sedikit pengaturan tambahan untuk pengisian app service plan, silakan klik Create New.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-4
Gambar 4.

Dalam pengisian app service plan, sebaiknya kalian membuat plan baru yang dengan memilih service F1 Free. Pastikan kalian memilih Location nya dengan Southeast Asia, dan Pricing Tier pilih F1 Free. Kemudian klik OK.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-5
Gambar 5.

Jika semua konfigurasi telah terisi dengan benar, berikut adalah konfigurasi akhir yang saya gunakan dalam tutorial ini. Kemudian, klik Create.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-6
Gambar 6.

Tunggu beberapa saat hingga kalian mendapatkan notifikasi bahwa proses telah selesai. Jika sudah, klik Go to resource.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-7
Gambar 7.

Pada pilihan pertama, kalian diminta untuk memilih bahasa pemrograman yang ingin digunakan. Dalam artikel ini, saya menggunakan bahasa pemrograman C#.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-8
Gambar 8.

Di dalam Azure Bot Service ini, terdapat berbagai macam jenis pilihan bot yang dapat digunakan untuk mempercepat proses development. Tetapi, dalam artikel ini di khususkan untuk membuat bot basic. Bot ini nantinya akan akan me-reply text kalian sesuai dengan text yang kalian kirimkan.

Baca juga:  Cara Deploy Azure Web App menggunakan GitHub
belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-9
Gambar 9.

Pilih Basic, kemudian klik Next.

Selanjutnya kalian akan diminta untuk mengisikan App ID dan Password. Caranya cukup mudah, klik saja Create Microsoft App  ID and Password dan secara otomatis form pengisian di bawahnya akan langsung terisi.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-10
Gambar 10.

Apabila tidak terisi dan justru membuka tab baru, ikuti saja panduan yang diberikan. Kemudian, copy App ID ke dalam form tersebut. Lalu, klik Generate an app password to continue untuk mendapatkan password yang dapat digunakan.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-11
Gambar 11.

Selanjutnya, copy-kan juga password yang didapat ke dalam form tadi.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-12
Gambar 12.

Setelah semuanya terisi, beri tanda cheklist pada bagian Terms of use dan Privacy statement, lalu klik Create bot.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-13
Gambar 13.

Tunggu beberapa saat, dan berikut adalah tampilan jika proses pembuatan bot telah selesai. Pada menu di atas, klik Test dan akan muncul chat box yang dapat digunakan untuk melakukan testing pada bot.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-14
Gambar 14.

 

Menempelkan Kode HTML Web Chat pada Halaman Website

Dalam tahap ini, kita akan mengambil kode html yang dapat ditempelkan pada halaman situs kalian, atau dimanapun selama dapat membaca kode html tersebut.

Lihat kembali gambar 14 dan pilih menu Channels yang terdapat pada bagian atas. Jika sudah, akan terdapat berbagai macam channel yang dapat digunakan untuk mem-publish bot yang telah dibuat. Beberapa contoh channel yang dapat digunakan adalah Skype, Telegram, Slack, dan masih banyak lagi. Tetapi dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan channel web chat saja, dimana kita dapat mengambil kode html yang diberikan dan menggunakannya dimanapun. Klik Get bot embed codes.

Baca juga:  Cara Membuat Database MySQL di Microsoft Azure
belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-15
Gambar 15.

Copy kode pada bagian Embed code dan letakkan dimanapun kalian ingin menggunakannya. Dalam hal ini, saya akan menempelkan kode tersebut di dalam post ini.

belajar-membuat-bot-dengan-azure-bot-service-basic-16
Gambar 16.

Paste kode tersebut dan ganti bagian YOUR_SECRET_HERE dengan menggunakan kode Secret Keys yang diberikan. Untuk menampilkan kode tersebut, klik Show. Jika sudah selesai, berikut adalah hasil dari bot yang telah dibuat.


Demo:


 

Jadi, itulah tutorial mengenai Belajar Membuat Bot dengan Azure Bot Service (Basic). Saya harap artikel ini dapat menjadi salah satu rujukan yang bermanfaat. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Referensi:

  • https://docs.microsoft.com/en-us/bot-framework/azure-bot-service-overview
  • https://www.cnet.com/how-to/what-is-a-bot/

Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply