Skip to main content
belajar-membuat-aplikasi-android-html5-dengan-intel-xdk

Belajar Membuat Aplikasi Android HTML5 dengan Intel XDK – Bagian 3

Pada tutorial sebelumnya di Belajar Membuat Aplikasi Android HTML5 dengan Intel XDK – Bagian 2, saya sudah menjelaskan bagaimana cara membuat aplikasi Android sederhana yang interaktif. Dalam tutorial ini, Belajar Membuat Aplikasi Android HTML5 dengan Intel XDK – Bagian 3, saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan testing project yang sudah dibuat menggunakan perangkat Android yang kalian miliki.

Untuk mengikuti tutorial ini, pastikan kalian sudah mengikuti tutorial sebelumnya. Jika belum, kalian bisa membacanya melalui tautan berikut.

Maaf, artikel ini sudah tidak relevan. Terhitung semenjak 30 Juni 2017 Intel XDK sudah berstatus depracated/stop support oleh Intel, sehingga menyebabkan Intel XDK sudah tidak bisa digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi mobile.

Belajar Membuat Aplikasi Android HTML5 dengan Intel XDK – Bagian 3

Pembahasan utama dalam tutorial ini adalah melakukan testing project yang sudah kalian buat ke perangkat Android yang kalian miliki. Hal pertama yang harus dilakukan adalah, buka kembali project myApp yang sudah dibuat pada tahap sebelumnya. Lalu, silakan download dan install aplikasi Intel App Preview di Play Store pada perangkat Android kalian atau bisa klik di sini.

belajar-membuat-aplikasi-android-html5-dengan-intel-xdk
Gambar 1.

Jika sudah terdownload dan terinstall, silahkan kalian jalankan aplikasi Intel App Preview tersebut dan login terlebih dahulu menggunakan akun yang kalian gunakan untuk Intel XDK.

Selanjutnya, kalian klik Push Files pada menu Test di Intel XDK. Hal ini dilakukan untuk meng-upload project yang telah kalian buat ke dalam server dari Intel XDK. Tunggu beberapa saat hingga proses upload sudah selesai.

Baca juga:  Belajar Membuat Aplikasi Android HTML5 dengan Intel XDK – Bagian 4
belajar-membuat-aplikasi-android-html5-dengan-intel-xdk
Gambar 2.

 

Setelah selesai, silahkan kalian scan barcode yang ada pada menu Test di Intel XDK. Caranya, klik menu Server Apps pada aplikasi Intel App Preview kalian, kemudian klik icon kamera untuk melakukan scanning. Apabila proses scanning berhasil, kalian akan mendapatkan pop-upwould you like to launch myApp?”, klik OK.

Tunggu beberapa saat, dan proses testing pun berhasil. Berikut adalah hasil testing dari aplikasi yang sudah dibuat.

belajar-membuat-aplikasi-android-html5-dengan-intel-xdk
Gambar 3.

Jadi, itulah penjelasan mengenai cara melakukan testing pada perangkat Android menggunakan Intel XDK dan Intel App Preview di Belajar Membuat Aplikasi Android HTML5 dengan Intel XDK – Bagian 3. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

 


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply