Skip to main content
cara-membuat-database-mysql-di-microsoft-azure-cover

Cara Membuat Database MySQL di Microsoft Azure

MySQL adalah salah satu database yang sangat familiar untuk seorang developer bahkan pemula sekalipun. Kemudahan dalam menggunakannya menjadi salah satu alasan MySQL menjadi pilihan teman-teman developer. Selain itu, MySQL di support di berbagai macam platform seperti Windows, Linux, dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran kenapa teman-teman yang ingin belajar mempelajari database memilih MySQL untuk menjadi pilihan utama. Dalam tutorial kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai Cara Membuat Database MySQL di Microsoft Azure.

Untuk dapat mengikuti tutorial ini, pastikan kalian telah memiliki subscription Microsoft Azure. Jika belum, kalian bisa mendaftar pada program Visual Studio Dev Essentials. Cukup daftar menggunakan email Microsoft seperti outlook, live dan hotmail, kemudian kalian akan mendapatkan credit azure sebesar 200 USD.

Dalam tutorial kali ini, teman-teman sekalian juga membutuhkan sebuah software/aplikasi MySQL client yang nantinya digunakan untuk mengakses database yang dibuat melalui perangkat PC/komputer kalian. Salah satu software yang cukup familiar adalah MySQL Front yang bisa kalian download melalui tautan berikut.

Cara Membuat Database MySQL  di Microsoft Azure

Dalam tutorial Cara Membuat Database MySQL di Microsoft Azure ini, berikut adalah beberapa objektif yang akan dicapai. Pertama, membuat database MySQL di Microsoft Azure melalui portal.azure.com. Kemudian mengakses database tersebut menggunakan salah satu software MySQL client yang bernama MySQL Front.

Membuat Database MySQL Baru

Pertama, silakan buka situs portal.azure.com dari browser kalian, dan masuk menggunakan email yang sudah memiliki subscription Microsoft Azure aktif. Jika berhasil, berikut ini adalah halaman utama (dashboard) dari Microsoft Azure.

Baca juga:  Cara Deploy Azure Web App menggunakan GitHub
cara-membuat-database-mysql-di-microsoft-azure-1
Gambar 1.

Tahap berikutnya adalah membuat database MySQL baru yang disediakan oleh ClearDB dan membuat resource group baru dengan nama myDatabase (atau sesuai dengan keinginan kalian). Klik New dan search mysql pada kolom pencarian bertuliskan search the marketplace, lalu Enter.

cara-membuat-database-mysql-di-microsoft-azure-2
Gambar 2.

Jika sudah muncul beberapa pilihan, cari dan pilihlah MySQL Database dengan publisher ClearDB. Kemudian klik Create.

cara-membuat-database-mysql-di-microsoft-azure-3
Gambar 3.

Kalian akan diminta untuk mengisikan beberapa konfigurasi untuk database yang akan dibuat, berikut adalah contoh konfigurasi sederhana yang saya gunakan dalam tutorial kali ini.

cara-membuat-database-mysql-di-microsoft-azure-4
Gambar 4.

Jika sudah, jangan lupa untuk mengisi bagian persetujuan di bagian Legal Terms. Lalu, klik tombol Create. Tunggu beberapa saat hingga kalian mendapatkan notifikasi bahwa database tersebut sudah berhasil dibuat. Berikut adalah tampilan apabila proses tersebut telah selesai.

cara-membuat-database-mysql-di-microsoft-azure-5
Gambar 5.

Untuk dapat menggunakan database tersebut, klik Manage Database. Kalian akan diarahkan ke dalam situs ClearDB.com seperti gambar di bawah ini.

cara-membuat-database-mysql-di-microsoft-azure-6
Gambar 6.

Untuk dapat menggunakan database yang telah dibuat tersebut, pastinya kalian membutuhkan hostname, username, dan password sebagai credential, baik untuk mengaksesnya melalui MySQL client ataupun digunakan dalam program yang kalian buat. Berikut adalah petunjuk mengenai hostname, username, dan password yang akan kalian gunakan.

cara-membuat-database-mysql-di-microsoft-azure-7
Gambar 7.

 

Mengakses Database menggunakan MySQL Client

Setelah mendapatkan credential yang dapat digunakan untuk menggunakan database yang telah dibuat pada tahap sebelumnya, sekarang saya akan memberikan contoh implementasi penggunaannya. Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, saya menggunakan MySQL Front sebagai MySQL client. Jadi, pastikan kalian sudah meng-install aplikasi pendukung tersebut.

Baca juga:  Cara Membuat Website Gratis di Microsoft Azure

Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut dan kalian akan langsung mendapatkan sebuah tab Open Connection (jika tidak muncul, tekan F12 pada keyboard). Selanjutnya tekan tombol New, hingga muncul tab Add Account seperti gambar di bawah.

cara-membuat-database-mysql-di-microsoft-azure-8
Gambar 8.

Kalian cukup mengisikan hostname, username, dan password sesuai dengan yang kalian dapatkan pada tahap sebelumnya; dan isikan kolom Name sesuai dengan keinginan kalian agar nantinya dapat dikenali dengan mudah. Selanjutnya klik OK, dan data credential kalian tadi sudah muncul di table account tersebut. Klik 2x untuk melakukan koneksi.

Berikut adalah tampilan jika kalian telah berhasil terkoneksi dengan database. Kalian dapat menggunakan MySQL Front tersebut sama seperti phpmyadmin di localhost pada umumnya. Kalian juga bisa melakukan export/import tabel, mengetik query, membuat tabel dan field secara manual, dan lain sebagainya.

 

Jadi, itulah tutorial mengenai Cara Membuat Database MySQL di Microsoft Azure. Saya harap artikel ini dapat menjadi salah satu rujukan yang bermanfaat. Jika kalian mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply