Skip to main content
pengertian-addon-domain-parked-domain-sub-domain-dan-redirect

Perbedaan Add On Domain, Parked Domain, Sub Domain dan Redirect

Jika kalian akan mendalami pengembangan web ataupun ingin membangun sebuah website, kalian akan mendengar istilah addon domain, parked domain, sub domain dan juga redirect. Untuk seorang web developer, blogger dan lain sebagainya, pastinya tidak asing lagi jika mendengar istilah tersebut. Tapi jika kalian adalah seseorang yang baru akan mendalami pengembangan web, pastinya akan sangat bingung dengan istilah-istilah tersebut.

Setelah pada beberapa artikel sebelumnya saya menjelaskan mengenai pengertian dari hosting dan domain. Kali ini saya akan menjelaskan Perbedaan Add On Domain, Parked Domain, Sub Domain dan Redirect agar kalian lebih memahami istilah-istilah tersebut.

Baca juga: “Pengertian Domain dan Jenis-jenis Domain

Perbedaan Add On Domain, Parked Domain, Sub Domain dan Redirect

Add On Domain

Addon Domain adalah domain yang ditambahkan ke dalam satu hosting dengan domain utama dan diarahkan ke sub-direktori tersendiri. Penggunaan addon domain memungkinkan kalian menggunakan hosting yang sama untuk beberapa domain. Jadi, kalian bisa membuat sebuah website yang berbeda atau berdiri sendiri dengan menggunakan hosting yang sama dengan domain utama kalian. Kalian hanya perlu membeli sebuah domainnya saja yang tentunya ini akan menghemat biaya yang akan kalian keluarkan, karena kalian tidak perlu membeli sebuah hosting lagi.

Addon domain menggunakan resource yang sama (seperti disk space, CPU, RAM, bandwith, dan lain sebagainya) dari domain utama karena berada dalam satu hosting. Kalian tidak akan mendapatkan cPanel terpisah untuk addon domain yang ditambahkan.

Baca juga:  Harga Paket Upgrade WordPress.com

Parked Domain

Berbeda dengan addon domain yang berdiri sendiri, parked domain adalah domain yang diparkirkan pada domain utama kalian. Parked domain memungkinkan untuk menampilkan isi website yang sama untuk beberapa domain. Jadi, parked domain bisa digunakan untuk menampilkan isi website yang sama jika kalian mempunyai beberapa domain lain.

Sebagai contoh, domain utama situs ini adalah www.tutorialpemrograman.com, tapi kalian juga bisa mengakses situs ini pada www.tutorialpemrograman.id. Isi dari domain tersebut akan sama persis sesuai yang ditampilkan pada www.tutorialpemrograman.com. Dengan kata lain, www.tutorialpemrograman.id adalah www.tutorialpemrograman.com.

Parked domain juga sering disebut sebagai domain alias.

Sub Domain

Secara singkat, sub domain adalah bagian dari domain utama. Sub domain biasanya dibuat untuk membedakan fungsi tertentu dari domain utama.

Sebagai contoh, situs ini mempunyai sub domain demo.tutorialpemrograman.com yang digunakan sebagai halaman demo. Contoh lainnya adalah, kalian dapat membuat blog.domainanda.com yang digunakan sebagai halaman blog kalian.

Hampir semua penyedia web hosting di Indonesia menyediakan layanan unlimited subdomain alias kalian bisa membuat atau menambahkan sub domain sebanyak apapun.

Baca juga: “Cara Membuat Sub Domain di cPanel

Redirect

Mungkin hampir semua dari kalian yang membaca artikel ini mengerti apa itu redirect. Ya, betul, domain redirect adalah domain yang digunakan untuk pengalihan. Fungsi ini digunakan untuk mengalihkan sebuah domain ke domain tertentu.

Baca juga:  Gratis eBook Pemrograman Setiap Hari dari Packt Publishing

 

*Setiap penyedia hosting, mungkin menerapkan peraturan yang berbeda untuk layanan addon domain, parked domain, sub domain, dan redirect. Tidak semua penyedia hosting menyediakan layanan addon domain, parked domain, dan unlimited sub domain seperti yang disebutkan pada artikel di atas. Hubungi penyedia hosting favorit Anda untuk informasi lebih lanjut.

 

Itulah pembahasan singkat mengenai perbedaan addon domain, parked domain, sub domain, dan redirect. Dengan membaca artikel ini, saya harap teman-teman sekalian sudah mengerti perbedaan dari istilah-istilah tersebut. Apabila masih ada yang kurang dimengerti, kalian bisa menanyakan langsung melalui komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply