Skip to main content
pengertian-hosting

Pengertian Hosting

Dalam proses belajar tentang Web Development, pasti kalian akan mendengar istilah tentang web Hosting. Semua web developer, blogger, internet marketer dan lain sebagainya, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Web hosting sangat berperan penting jika kalian akan membangun sebuah website. Sebenarnya, apa pengertian dari Hosting tersebut ? Berikut adalah penjelasan mengenai Pengertian Hosting.

Pengertian Hosting

Secara umum, hosting atau juga dikenal dengan web hosting adalah tempat data-data website atau situs kalian disimpan agar dapat diakses melalui internet secara 24 jam. Data-data yang disimpan di dalam hosting ini biasanya berupa file, gambar, artikel, dan lain sebagainya.

Hosting dapat digambarkan seperti sebuah rumah yang digunakan untuk menyimpan seluruh perabotan yang kalian butuhkan.

Untuk membuat sebuah website, pastinya kalian akan membutuhkan sebuah web hosting. Web hosting ini bisa didapat dengan cara gratis ataupun berbayar. Dengan menggunakan hosting gratis, tentunya fitur-fitur dan layanan yang dapat digunakan sangat terbatas dan tidak terjamin keamanannya. Saya sendiri sangat menyarankan teman-teman sekalian untuk menggunakan hosting berbayar yang lebih terjamin dari segala hal.

Saat ini sudah sangat banyak sekali pilihan-pilihan web hosting yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Harganya pun bervariasi, ada yang mulai Rp.10.000,-/bulan, ada juga yang hingga ratusan ribu perbulan. Kalian tidak perlu takut dalam memilih web hosting yang tepat, karena saat ini sudah banyak penyedia hosting di Indonesia yang menyediakan fitur garansi dengan mengembalikan uang kalian 100% apabila kalian tidak puas dengan layanan mereka. Cukup tanyakan langsung kepada penyedia hosting tentang fitur garansi tersebut untuk lebih jelasnya.

Baca juga:  Yuk, Ikutan Imagine Cup 2017

Penentuan harga sewa dari web hosting biasanya dihitung dari besarnya hard disk (storage), CPU, RAM, dan berbagai macam fitur tambahan lainnya.

Saat ini, secara umum web hosting dikenal dengan 2 jenis hosting, yaitu Shared Hosting dan Cloud Hosting.

Shared Hosting

shared-hosting
Gambar 1. Shared Hosting

Apa yang dimaksud dengan shared hosting? Shared hosting adalah layanan hosting yang digunakan secara bersama-sama untuk beberapa website dalam satu server. Jika kalian menggunakan shared hosting, situs kalian akan menggunakan satu server dengan banyak situs lainnya. Shared hosting ini bersifat membagi resource yang dimilikinya, seperti storage, CPU, RAM, dan lain sebagainya untuk semua website yang ada dalam satu server tersebut.

Shared hosting dapat digambarkan seperti sebuah rumah yang terdiri dari beberapa kamar. Apabila kamar atau website tersebut mendapatkan pengunjung atau tamu yang berlebih, rumah tersebut tidak dapat menampung seluruh pengunjung. Dan para pengunjung pun harus bergiliran agar dapat masuk ke kamar atau website tersebut.

Jadi, jika salah satu website melakukan proses yang berlebihan sehingga membebani server, maka pengguna lain juga akan terkena dampaknya, seperti website menjadi lebih lambat bahkan hingga tidak bisa di akses atau down.

Cloud Hosting

cloud-hosting
Gambar 2. Cloud Hosting

Berbeda dengan Shared Hosting, Cloud hosting adalah layanan hosting yang terhubung dengan banyak server. Sehingga kalian tidak perlu khawatir terhadap kinerja server yang digunakan untuk website kalian.

Dengan menggunakan Cloud Hosting, itu artinya website kalian di hosting-kan pada banyak server yang saling terhubung dan saling mem-backup. Sehingga jika salah satu server mengalami kerusakan, server lain akan mem-backup server yang rusak tersebut.

Baca juga:  [Challenge] Tizen Tematik Challenge: Puzzle Game

Layanan Cloud Hosting tidak akan membagi resource kepada pengguna lain, sehingga website kalian akan mendapatkan resource yang dikhususkan untuk website kalian.

Jika website kalian menggunakan Cloud Hosting, kalian dapat dengan mudah mengatur kebutuhan resourcenya sesuai dengan yang diperlukan. Kalian bisa dengan mudah meng-upgrade ataupun downgrade layanan yang digunakan untuk website kalian dengan mudah.

 

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai web hosting yang dapat saya berikan. Dengan membaca artikel ini, saya harap teman-teman sekalian sekarang sudah mengerti Pengertian Hosting dan Perbedaan Shared Hosting dan Cloud Hosting. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply