Skip to main content
5-cara-membedakan-software-asli-dan-bajakan

5 Cara Membedakan Software Asli dan Bajakan #CariYangOri

Saat ini, banyak sekali pengguna yang masih menggunakan software bajakan dengan alasan lebih ekonomis. Tetapi, dengan menggunakan software bajakan perangkat kita akan sangat beresiko. Beberapa contoh ancaman nyata yang terjadi saat ini adalah pencurian file dan bahkan pencurian data pribadi. Untuk itu, saya akan menjelaskan beberapa Tips dari Microsoft Indonesia mengenai 5 Cara Membedakan Software Asli dan Bajakan.

Sebelum saya memberikan penjelasan lebih lanjut, mari kita ketahui dulu mengapa kalian harus menggunakan produk original.

Kenapa harus Original?

Jenis pembajakan software datang dengan berbagai bentuk, diantaranya adalah:

  1. Loading hard disk. Menginstall software ilegal ke komputer sebelum dijual.
  2. Pemalsuan software. Duplikasi ilegal dan penjualan software dalam bentuk yang hampir identik dengan produk asli.
  3. Pembajakan lewat internet. Ini adalah hal yang paling sering ditemui di Indonesia. Saat ini, masih banyak masyarakat yang menggunakan software bajakan yang didapat melalui internet secara gratis.
  4. Pembajakan pengguna akhir. Menginstall salinan software melebihi lisensi yang dimiliki.
  5. Lisensi yang salah/versi yang salah. Menginstall software dengan versi yang berbeda dari lisensi yang dimiliki.

Apasih akibat dari penggunaan software bajakan?

5-cara-membedakan-software-asli-dan-bajakan
Gambar 1. © Microsoft
60% konsumen yang menginstall software bajakan mengalami MALWARE.#CariYangOri

Akibat dari penggunaan produk/software bajakan atau ilegal adalah perangkat kalian sangat rentan terhadap malware. Contohnya adalah pencurian informasi pribadi, pencurian informasi finansial (seperti pencurian data akun bank online dan kartu kredit), penurunan kinerja perangkat, kecepatan internet yang menurun, dan hilangnya data-data yang terdapat di perangkat kalian.

Baca juga:  Azure Developer Challenge 2018 with Dicoding

Menggunakan software bajakan juga akan membatasi kalian dalam menggunakan produk tersebut dan kalian juga tidak akan mendapatkan update-update terbaru yang diberikan.

Selain itu, menggunakan ataupun mengedarkan produk/software bajakan juga akan terkena sanksi hukum. Hal tersebut dijelaskan pada Pasal 72 UU nomor 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta. (cariyangori.com)

5 Cara Membedakan Software Asli dan Bajakan

1. Pastikan Paket Software dilengkapi Stiker Resmi Distributor

5-cara-membedakan-software-asli-dan-bajakan
Gambar 2. © Microsoft

Saat kalian membeli sebuah software terutama jika membelinya secara langsung (offline), periksa kembali paket software yang ditawarkan dan pastikan paket software tersebut memiliki stiker resmi dari distributor di Indonesia.

Distributor resmi yang menjual paket software asli dari Microsoft diantaranya adalah PT Astrindo Starvision, PT Avnet Datamation Solutions, dan juga PT Synnex Metrodata Indonesia.

Jadi, pastikan kembali paket software yang akan kalian beli memiliki stiker dari distributor resmi yang telah saya sebutkan di atas.

2. Periksa Microsoft Genuine Label Berbentuk Hologram

5-cara-membedakan-software-asli-dan-bajakan
Gambar 3. © Microsoft

Selain itu, saat kalian ingin membeli sebuah software dari Microsoft, pastikan juga terdapat Microsoft Genuine Label yang berbentuk hologram. Label Hologram tersebut akan berubah warna jika dilihat dalam posisi miring.

Jika hologram merupakan stiker tempelan, kemungkinan software tersebut adalah bajakan.

3. Identifikasi Perangkat Counterfeit di www.microsoft.com/howtotell

5-cara-membedakan-software-asli-dan-bajakan
Gambar 4. © Microsoft

Kalian juga bisa mempelajari cara untuk mengidentifikasi lebih lanjut apakah software yang kalian beli merupakan produk asli ataupun bajakan. Silakan kunjungi situs www.microsoft.com/howtotell atau kalian bisa klik tautan berikut.

Baca juga:  Cara Merekam Game pada PC di Windows 10

4. Kunjungi Situs Resmi Microsoft

5-cara-membedakan-software-asli-dan-bajakan
Gambar 5. © Microsoft

Apabila kalian masih ragu ataupun takut membeli software secara langsung, kalian bisa melakukan pembelian software secara digital pada situs resmi Microsoft. Hal tersebut juga bisa mengurangi pengedaran produk-produk ilegal yang saat ini dijual di pasaran.

5. Kunjungi Situs cariyangori.com

5-cara-membedakan-software-asli-dan-bajakan
Gambar 6. © Microsoft

Microsoft juga meluncurkan microsite cariyangori.com dengan tujuan untuk mensosialiasikan agar masyarakat tetap membeli produk-produk Microsoft secara legal. Melalui situs tersebut juga, Microsoft memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai bahaya dari software-software bajakan yang banyak beredar di Indonesia.

Selain itu, Microsoft juga memberikan beberapa rekomendasi situs e-Commerce yang menjual produk-produk Microsoft secara resmi.

5-cara-membedakan-software-asli-dan-bajakan
Gambar 7. © Microsoft

 

Jadi, yakin masih mau menggunakan produk bajakan? Yuk, gunakan software resmi agar terhindar dari segala ancaman pada perangkat kalian. Selalu pastikan kembali keaslian produk setiap kalian membeli dan menggunakan produk Microsoft. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Referensi

  • https://www.cariyangori.com/

Tertarik untuk bergabung bersama kami? Daftar jadi Penulis Tamu, sekarang! Klik disini.

Fadhlillah Ariefianto

Bukan coders, tapi suka coding. Bukan blogger, tapi suka blogging.

Leave a Reply